Selasa, 31 Oktober 2017

MEMILIH LAPTOP UNTUK DESIGN GRAFIS


Kali ini saya akan membahas tentang tips memilih laptop design grafis.

Seorang design grafis memelukan semua kebutuhan komputasi yg berkaitan erat dengan dunia grafis. karena design grafis bukanlah seperti pekerjaan khusus lainnya.ada beberapa persyaratan khusus yg sebaiknya anda temukan di laptop laptop tertentu.
memang pada dasarnya persyaratan ini tidaklah mutlak,namun jika anda mendapatkannya dalam laptop,maka pekerjaan anda sebagai design grafis akan sangat terbantu dan bisa lancar dan mulus.

Maka untuk itu mari kita simak beberapa tips yg harus diperhatikan dalam membeli laptop

APAKAH LAPTOP BIASA BISA DIGUNAKAN UNTUK DESIGN GRAFIS  ??

Tentu saja bisa.Misalkan anda menggunakan laptop yg harganya kisaran 3jtan,anda msh bisa menggunakannya untuk pekerjaan design grafis dengan bantuan software design grafis .sangaat mudah dicari dan di instal di internet namun jika anda ingin lebih lancar dalam pekerjaan design grafis maka setidaknya laptop anda minimal mempunyai ram 4GB.


Menggunakan laptop dengan spesifikasi biasa biasa saja ataupun kurang mumpuni dalam pekerjaan DESIGN GRAFIS memang terkesan seperti penghematan.akan tetapi jika bisa pake yg murah kenapa tidak???mungkin pendapat ini memang benar adanya tapi dengan catatan produktivitas anda dalam bekerja dalam mendesign akan sangat berkurang jauh apabila anda menggunakan laptop yang spesifikasinya cukup mumpuni untuk DESIGN GRAFIS....terlebih lagi untuk urusan editing video.

lantas spesifikasi apa saja yg cocok digunakan untuk DESIGN GRAFIS???

Berikut spesifikasi laptop untuk DESIGN GRAFIS

1. VGA


VGA atau sering disebut GPU merupakan bagian dari laptopyg berfungsi menangani tampilan visual dari sebuah laptop.selain beberapa seri intel dan xeon..semua prosesor INTEL dan AMD telah menyertakan GPU terintergrasi dalam prosesor.memang sebenarnya sudah cukup namun dalam batas batas tertentu.

Untuk memperoleh kecepatan kerja dan tampilan lebih bagus maka akan sangat membantu apabila sebuah laptop untuk DESIGN GRAFIS memiliki spesifikasi VGA / GPU minimal 1GB.
Saat ini cukup banyak laptop yg dibawah harga 6jtan mempunyai VGA/GPU mandiri yg bagus.
Biasanya laptop ini memiliki VGA/GPU dari Nvidia atau AMD Radeon.
Untuk itu mengenai VGA/GPU mana yg lebih bagus itu tergantung selera anda masing masing.
sebab jika dicermati VGA/GPU memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing.


2. PROSESOR

Pada laptop atau pun pc prosesor adalah bagian terpenting sebab prosesor adl bagian yg bekerja paling berat.karena prosesor menjadi penanggung jawab untuk perhitungan logis dalam DESIGN GRAFIS.
Dijaman sekarang ini prosesor laptop dirancang khusus yg berbeda untuk komputer deskop
anda dapat melihat akhiran U pada seri prosesor yg dibuat oleh INTEL.contah pada prosesor i3,i5,atau i7.jika terdapat akhiran U pada prosesor ini maka prosesor di buat untuk laptop atau mobile yg mana dirancang khusus untuk mengedepankan soal efesiensi tenaga listrik.karena laptop lebih mengandalkan tenaga batery.

Mengenai kinerja ,memang prosesor laptop sedikit berada dibawah prosesor deskop.
Namun anda jangan khawatir karena performa mereka sangat tangguh..apalagi prosesor laptop untuk gaming.
Untuk itu laptop DESIGN GRAFIS anda perlu mempertimbangkan prosesor yang :

* clock speed dalam satuan GHx yg besar
* jumlah inti core yg besar
* sistem hyper threading dan vitualization
* generasi terbaru dari prosesor tersebut,semakin baru,semakin tinggi dan semakin efisien
* besar kapasitas cache (L1,L2,L3)


Dilihat dari spesifikasi tersebut,maka sebaiknya anda pilih laptop yg menyematkan prosesor intel core i3 atau yg lebih tinggi dari generasi yg terbaru.


3. HARDDISK

Laptop yg diperuntukan DESIGN GRAFIS membutuhkan media penyimpanan yg cukup besar dan jg cepat..untuk kapasitas harddisk sebisa mungkin anda membeli laptop dengan harddisk sebesar 1TB atau lebih.
untuk saat ini untuk urusan kecepatan memang belum ada media yg melebihi SSD.namun sayangnya harga SSD relatif cukup mahal.
jika mungkin carilah laptop yg dipasangi SSD dan HDD. jadi OS dan aplikasi di pasang di SSD dan file kerja diletakkan di HDD.


4.  RAM 


komponen selanjutnya yg sangat penting adalah RAM. sebenarnya untuk saat ini anda tak perlu khawatir dngn kapasitas RAM bawaan laptop yg sudah anda beli karana minimal anda mendapatkan RAM 2GB dengan harga yg murah.

Trus kira kira berapa minimal RAM untuk laptop DESIGN GRAFIS ????

Jika RAM laptop anda 2GB bisa saja digunakan tp sangat memaksa,oleh karena itu laptop design grafis harus memiliki ram minimal 4gb.
Satu lagi yg perlu anda perhatikan adl apalkah laptop anda memiliki slot memori tambahan yg anda perlukan saat penambahan atau upgrade RAM.

5. LAYAR

Anda jga perlu memperhatikan spesifikasi layar laptop yg akan anda beli.hal ini dikarenakan pekerjaan design grafis pastinya berlama lama menatap layar laptop,maka faktor kesehatan dan kenyamanan mata harus diperhatikan.
Oleh karena itu pertimbangkanlah untuk membeli laptop dengan layar 15,6 inchi ketimbang yang 14 inchi.meskipun tidak jauh beda tapi memberikan sudut pandang yg berbeda jauh lebih luas. dan jangan lupa pilih layar yg resolusinya full HD.


Demikian tips membeli laptop DESIGN GRAFIS semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar